• Posted by : Unknown Selasa, 15 September 2015



    Postingan sebelumnya yaitu Cara Installasi NxD, kali ini saya akan melanjutkan tutorial Diskless dengan membuat partisi sebagai tempat Upload Image Client agar tidak merusak partisi system pada Server.
    Berikut tutorial nya.
    Pertama, Buka terminal untuk membuat partisi menggunakan Command Line. Pertama, cek dahulu apakah Harddisk yang akan digunakan sudah terdeteksi atau belum menggunakan perintah fdisk –l
    15

    Kami menggunakan 2 buah Harddisk, 1 Harddisk 80 GB sebagai System Server Diskless dan 1 Harddisk 250 GB sebagai tempat mengupload dan menyimpan Image untuk Client Diskless
    Saat menjalankan perintah fdisk -l, terlihat Harddisk 250 GB terdeteksi pada /dev/hdb. Selanjutnya jalankan perintah fdisk /dev/hdb untuk membuat partisi pada Harddisk tersebut
    16

    Kami membuat Primary Partition, dengan 1 Nomor Partisi, yang artinya Harddisk sebesar 250 GB saya buat 1 Partisi saja sebesar 250 GB
    Selanjutnya saya format Partisi Harddisk tersebut dengan File System Ext4 dengan menjalankan perintah mkfs.ext4 /dev/hdb1
    17

    Setelah di format, saya akan me-mount partisi tersebut ke Directory /mnt/hd2. Sebelumnya saya buat terlebih dahulu Directory tersebut dengan perintah mkdir /mnt/hd2 lalu perintah mounting mount /dev/hdb1 /mnt/hd2
    18

    Langkah selanjutnya yaitu edit file /etc/fstab agar partisi tersebut dapat mounting otomatis. vi /etc/fstab lalu tambahkan baris seperti yang saya beri tanda. Arti dari baris perintah ini yaitu /dev/hdb1 merupakan partisi yang akan di mounting otomatis, /mnt/hd2 merupakan Directory tempat mounting otomatis partisi tersebut, Ext4 merupakan File System yang akan digunakan
    19

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    TEKNIK KOMPUTER JARINGAN - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan