Posted by : Unknown
Rabu, 09 September 2015
PROPOSAL USAHA
Warnet Game Online “Marc.net”
Evi Kurnia 131410364
Gecha Dwiputra 131410370
Renny Salita 131410380
Rizky Pratama 131410385
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA BEKASI
JALAN
BINTARA VIII NO.2, KELURAHAN BINTARA, KECAMATAN BEKASI BARAT
TELEPON/FAX.
021-88951151
Website
: http//www.smkn1kotabekasi.sch.id
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah Puji syukur kepada
Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas kehendak-Nya sehingga penyusunan proposal
usaha warnet ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan proposal usaha ini yang
insya ALLAH akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha dan masyarakat
sekitarnya.
Marc.net ialah nama
yang kami buat untuk usaha kami yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan
internet dan game online. Proposal ini kami buat dengan tujuan agar usaha yang
kami buat ini menjadi lebih jelas dan memungkinkan bagi investor untuk menanamkan
modal dalam usaha kami ini. Sehingga kami dapat mengembangkan usaha kami
menjadi lebih besar lagi.
Kami
sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberi
saran kepada kami. Kami sadar dalam proposal ini masih terdapat banyak
kekurangan, oleh sebab itu saran dan kritik sangat kami harapkan disini demi
kesempurnaan proposal ini dan kemajuan para penyusunnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
BEKASI,
5 AGUSTUS 2015
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada
jaman sekarang ini kebutuhan akan penggunaan internet sangat dibutuhkan. Dalam
bidang pendidikan juga tidak lepas dari kebutuhan akan internet yang memberikan
informasi dan pelajaran yang cepat. Oleh karena itu rencana dari usaha internet
ini merupakan usaha yang menjanjikan karena pengguna internet juga semakin
meluas, yaitu dari anak kecil sampai orang tua atau dari kalangan pelajar atau
pegawai. Internet juga memudahkan kita dalam berkomunikasi walaupun dengan
jarak yang jauh. Selain menyediakan fasilitas internet, rencana usaha internet
juga menyediakan fasilitas game online. Bagi umat manusia, game ini akan
menjadi salah satu alternatif hiburan baru.
Adanya
peluang yang cukup besar pada industri game online membangkitkan insting bisnis
penulis untuk melakukan analisis, perencanaan dan akhirnya memformulasikan
pendekatan strategi yang lebih baik sehingga bisnis game on-line ini tidak saja
bisa bertahan tetapi juga menopang kesuksesan investasi jangka panjang.
Produk-produk penunjang lainnya diantaranya jasa printing, scanning, dan
burning untuk backup data. Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin
berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh
yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari
seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah
atas bermacam-macam informasi. dibanding dengan buku dan perpustakaan.
B.
Tujuan
Tujuan
proposal ini adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha untuk membuka
warnet yang dipadukan dengan game online. Sehingga memberikan kenyamanan yang
lebih dari sebuah warnet. Target dari warnet-game online ini adalah untuk semua
kalangan masyarakat yang membutuhkan fasilitas internet.
BAB
II
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Identitas
Warnet
Nama : Marc.net
Alamat : Bumi Mutiara Blok JD 1
Kel.BJ Kulur Kec.Gunung Putri
Jenis
Warnet : Game Online dan Browsing
System : Diskless
Jenis
Billing : Billing Explorer
B. Informasi
Usaha
Usaha
ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang game online dan browsing. Nama
perusahaan ini adalah Marc.net. Yang terletak di Bumi Mutiara Blok JD 1 Kel.BJ
Kulur Kec.Gunung Putri. Diharapkan warnet ini dapat berkembang dan maju,
sehingga mampu memberikan pelayanan internet dalam kecepatan yang baik dan
terpercaya. Warnet ini menyediakan jasa print, scan dan copy.
C. Waktu
Usaha
Usaha
warnet ini akan mulai buka pada tanggal 1 Oktober 2015, dengan ketentuan jadwal
jam kerja sebagai berikut :
Hari
buka : Setiap hari ( Hari besar
tutup )
Waktu : 08.00 – 21.00 WIB
D. Topologi
E. Desain
Warnet
BAB
III
PROSEDUR OPERASIONAL
1. Tahap
Persiapan
a.
Survey tempat/lokasi usaha warnet
Pada
tahap ini diusahakan dicari lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang
tinggi. Rencana dari usaha warnet ini dicari lokasi yang dekat dengan sekolah
atau universitas karena pada umumnya user atau konsumen dari jasa warnet ini
adalah pada umumnya dari kalangan pelajar.
b.
Survey Peralatan jasa warnet seperti
perangkat computer, provider, printer, perlengkapan warnet (meja computer, kursi, kabel-kabel,dll).
Pada
tahap ini dicari tempat penjualan perangkat computer yang memiliki kualitas
bagus namun harga yang pas karena perangkat yang dibeli dalam jumlah yang
besar.
2. Tahap
operasional
a.
Penyewaan tempat
Tempat
yang disewa dicari lokasi yang strategis dan memiliki nilai pasar yang tinggi.
Lokasi hendaknya yang dekat dengan sekolah atau universitas karena pada umumnya
user atau konsumen dari jasa warnet ini adalah pada umumnya dari kalangan
pelajar. Selain itu, harga sewa tempat diusahakan ditawar harga yang tidak
terlalu mahal.
b.
Pembelian PC Komputer
Rencana
pembelian komputer sebanyak 10 PC client dan 1 komputer operator. Pembelian
perlengkapan warnet hendaknya di tempat yang harganya tidak terlalu mahal
karena pemesanannya dalam jumlah yang besar.
c.
Perekrutan Tenaga kerja
Direkrut
tenaga kerja untuk membantu proses pemasangan komputer. Tenaga kerja yang
direkrut kurang lebih 2 orang saja.
d.
Perekrutan operator warnet
Dicari
tenaga kerja operator yang menjaga warnet.
e.
Pemasangan Komputer
Pada
tahap ini dilakukan pengukuran untuk setiap meja komputer yang disesuaikan
dengan luas ruangan. Lalu dipasang perangkat computer.
f.
Penginstalan Komputer
Pada
tahap ini computer yang dibeli tidak memiliki program (kosong) maka diperluka
penginstalan software yang dibutuhkan dalam pengoperasian computer dan internet
serta game online.
g.
Pemasangan provider
Pada
tahap ini dilakukan pemasangan provider atau speedy yang merupakan jaringan
internet agar jasa internet dapat beroperasi.
Pada tahap ini dilakukan percobaan
peroperasian jaringan internet apakah prosesnya berjalan dengan baik dan juga
sekaligus pelatihan bagi operator dalam pengoperasian proses billing dan
pengoperasian bandwitch untuk setiap PC komputer.
3. Tahap
Pasca Operasional
a.
Pengecekan kondisi PC
Dilakukan
pengecekan komputer setiap harinya agar pelayanan jasa internet lebih baik
sehingga tidak mengecewakan pemain.
b.
Update game Online
Tahap
update game online dilakukan sebulan sekali agar pemain tidak merasa bosan.
c.
Perawatan
Perangkat
komputer harus dirawat dengan baik agar tidak mudah cepat rusak.
BAB
IV
LAPORAN
KEUANGAN
No
|
Items
|
Unit
|
Unit Price
|
Total Price
|
1
|
Komputer
rakitan untuk SERVER “tanpa monitor”
-
Core i3 4130 haswell 3.4Ghz
-
MB Biostar H81MLC
-
RAM 4GB PC10600
-
Hdd 250GB SATA
-
Hdd 80GB SATA
-
DVDrw multi
-
VGA ATi HD 5450 1GB
-
Casing Azzura M1000
-
Keyboard + mouse optic Xplorer 1200
-
Gratis
Mousepad Gaming dan Headset Multimedia
|
1
|
Rp.
3.300.000
|
Rp. 3.300.000
|
2
|
Komputer
rakitan untuk CLIENT “tanpa monitor”
-
Prosesor Athlon A4 6300-3.7Ghz
-
MB ECS A58F2P-M4
-
DDR3 4Gb Vgen Pc12800
-
VGA GPU HD 8470D
-
Casing Power ATX Powerup BAsic
-
Keyboard + Mouse Optic micropack
-
DvdRW multi Lite on / LG
-
Network Lan
-
Audio 6 chanel
-
Gratis
headset multimedia dan mousepad
|
10
|
Rp.
1.900.000
|
Rp.
19.000.000
|
3
|
Monitor
Advance 15.6 Inch LM 1670 Lumine LED+Speaker
|
11
|
Rp. 550.000
|
Rp. 6.050.000
|
4
|
Switch
16 Port UTP 10/100 Mbps, DES-1016A / E
|
1
|
Rp. 257.000
|
Rp. 257.000
|
5
|
RB750r2
|
1
|
Rp. 531.000
|
Rp. 531.000
|
6
|
Printer
Canon MP237 (print, scan, copy)
|
1
|
Rp. 880.000
|
Rp. 880.000
|
7
|
Refill
Tinta Printer Canon
|
4
|
Rp. 220.000
|
Rp. 220.000
|
8
|
Kertas
Sinar Dunia HVS A4
|
1 rim
|
Rp. 30.000
|
Rp. 30.000
|
9
|
Stop
Kontak 4 lubang 3 meter
|
6
|
Rp. 30.000
|
Rp. 180.000
|
10
|
Meja
Operator
|
1
|
Rp. 225.000
|
Rp. 225.000
|
11
|
Meja
Sekat Lesehan
|
10
|
Rp. 99.000
|
Rp. 990.000
|
12
|
Kabel
UTP bluelink
|
100m
|
Rp. 120.000
|
Rp. 120.000
|
13
|
RJ45
1 box (100pcs)
|
1
|
Rp. 45.000
|
Rp. 45.000
|
14
|
Kipas
maspion mwf232 (wall)
|
2
|
Rp. 215.000
|
Rp. 430.000
|
15
|
Kursi
Operator
|
1
|
Rp. 220.000
|
Rp. 220.000
|
16
|
Karpet ukuran 3,97 m x 6 m
|
1
|
Rp. 440.000
|
Rp. 440.000
|
TOTAL
|
Rp. 32.922.000
|
|||
SISA UANG
|
Rp. 2.078.000
|
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Demikianlah data-data ini kami buat
sebagai suatu acuan dalam pembuatan dan pengelolaan warnet game online dan juga
dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik modal dan pihak yang
ingin bekerjasama untuk menanamkan modal sebagai bimbingan teknis dalam pengelolaan
warnet game online nantinya.
B.
Saran
Untuk membuka usaha warnet sebaiknya kita lihat apa saja
yang harus diperhatikan dan buatlah usaha tersebut sangat bermanfaat bagi para
penggunanya. Selain itu selalu berusaha memperkecil dampak negatif dari adanya
usaha kita.