• Posted by : Unknown Selasa, 23 Desember 2014




    Port Security Sticky.
               
    Port security sticky tidaklah berbeda jauh dengan dengan static. Namun yang membedakan nya adalah jika port security static berarti kita harus menambahkan mac address yang terdapat pada setiap interface. Sedangkan port security sticky mac address akan terdaftar secara otomatis. Meskipun terdaftar secara otomatis tetap saja jika terdapat mac address yang tidak terdaftar maka tidak dapat terkoneksi ke jaringan

    Berikut ini adalah langkah langkah untuk konfigurasi port security sticky.

    1.  Buat lah terlebih dahulu topologi yang anda inginkan. COntoh seperti gambar berikut ini. 


    2.  Setting ip pada setiap pc dari pc 1 hinga pc 4 termaksud router. Untuk mensetting ip kalian dapat lakukan di IP Configuration yang terdapat pada Desktop. 


    3. Jika pc 1 sampai pc 4 sudah di berikan ip, sekarang kita berikan ip untuk router dengan menggunakan perintah berikut ini. 


    4.  Setelah itu kita konfigurasi port security sticky pada switch. Kita aktifkan port security sticky pada semua interface termaksud router. 


    5.  Jika semua port dari fa0/1 sampai fa0/5 sudah diaktifkan port security sticky nya sekarang kalian test ping ke setiap pc dari 1 ke pc 2 sampai pc 1 ke router.   

    6.  Apabila test ping telah berhasil di lakukan maka coba kalian lihat tabel mac address pada switch. Apabila semua mac address sudah static maka kalian bisa melakukan percobaan. 


    7.  Untuk mencoba apakah konfigurasi port security sticky yang tadi sudah kita lakukan kalian bisa mengubah port pc 2 yang tadinya FastEthernet 0/2 menjadi FastEthernet 0/3 dan pada pc 3 yang port awalnya FastEthernet 0/3 di ubah menjadi FastEthernet 0/2. Setelah itu kalian lakukan ping. Yang terjadi adalah koneksi terputus 





    Sekian Gan Semoga Bermanfaat ^^

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    TEKNIK KOMPUTER JARINGAN - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan