• Posted by : Unknown Selasa, 23 Desember 2014



    Berikut ini adalah langkah langkah untuk mengkonfik port security static pada switch.
    1.  Buat terlebih dahulu topologi seperti berikut. 

    2.  Kemudian setting ip di setiap pc termaksud router. Untuk menseeting ip pada pc kalian bisa lakukan di ip configuration yang terdapat pada desktop.
     

    3.  Untuk menambahkan ip pada router dapat dilakukan dengan cara berikut. 

    4.   Jika semua pc dari 1-4 termaksud router sudah memiliki ip, sekarang kalian lakukan ping ke setiap pc termaksud router untuk mendapatkan mac address dari setiap port pada pc dan router. 


    5.  Apabila proses ping dari pc 1 sampai pc 4 dan router berhasil maka kalian dapat melihat mac address dari setiap port di switch dengan menggunakan perintah seperti gambar dibawah. 


        Catat hasil mac address dari setiap port karena nanti akan kita gunakan untuk mendaftarkan port ketika mengaktifkan port security.

    6.  Jika sudah di catat atau di copy, sekarang kita aktifkan port security lalu daftarkan portnya. kalian dapat menggunakan perintah seperti berikut ini. 


    7.  Daftarkan pula port 1,3,4,dan 5 dengan menggunakan perintah yang sama. Jika sudah kalian dapat melihat lagi table mac address pada switch. Jika semua sudah menjadi static maka kalian tinggal melakukan percobaan.


    8.  Untuk mencoba apakah konfigurasi port security yang tadi sudah kita lakukan kalian bisa mengubah port pc 2 yang tadinya FastEthernet 0/2 menjadi FastEthernet 0/3 dan pada pc 3 yang port awalnya FastEthernet 0/3 di ubah menjadi FastEthernet 0/2. Setelah itu kalian lakukan ping. Yang terjadi adalah koneksi terputus 


    Jika kalian menemukan kondisi seperti gambar diatas maka port security static yang kalian konfig telah berhasil. 


    Sekian Gan Semoga Bermanfaat ^^

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    TEKNIK KOMPUTER JARINGAN - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan